Senin, 10 Mei 2010

Bagaimana Harusnya??

Mmh..
Hari sabtu tanggal 8 Mei kemaren,, aku dibuat tercengang oleh suatu sekolah dasar yang tak jauh dari rumah.
Gini ceritanya, Pagi-pagi itu aku jadi ojeknya ayah, disuruh nganter ke perempatan deket jalan wates.pas di perjalanan, q ma ayah mbahas tentang kelulusan SMP yang diumumkan jumat kemaren,, hhe, maklum la, sebagai calon guru, q harus rajin-rajin update tentang pendidikan. kebetulan Ayah juga seorang pendidik. jadi klop banget dah. hhi.
sepulang dari nganter, kan lawat jalan tuh (ya iyalah lewat jalan, masa ya lewat galengan??)
nah, pas mau belok ke gang depan rumah, eeh.. ada anak-anak SD yang diajak jalan-jalan sama bu Gurunya. Itu arahnya dari SD Inpres kayaknya. pengen liat anak-anaknya (hhi, q paling suka ma anak kecil)
eeh.. tau tak?? anak SD yang lagi jalan-jalan itu, bersama Bu Guru itu nyanyi-nyanyi. Mungkin biar suasana lebih hidup. Tapi apa?? yang bikin miris hati?? yang q dengar, benar2 q dengar mereka bersama-sama sambil tertawa-tawa menyanyikan lagunya Wali yang berjudul emang dasar
taukan?? lagunya wali itu liriknya gimana?? dan anehnya.. Ibu Guru itu berbuat serasa tidak terjadi apa-apa, maksudq,, dia tak peduli dengan anak didiknya yang nyanyiannya blum pantas mereka nyanyikan di umur yang masih bocah!
hmm.. ..
bukankah ini pembodohan juga ya???
setelah itu, q mandi d rumah...
ehh anak sd itu ternyata lewat depan rumah, dan q dengar lagi, anak2 itu ngomong ma bu gurunya, pake bahasa jawa ngoko. Ya ampuuun..
wah..wah.. sama bu guru og ya tak ada hormat2nya ya.. ..
hmm .. ..
bukannya q rewel, tapi kalo liat realita kyak gtu.. kan bikin miris juga ya?? di mana mereka yang masih kecil, sudah di beri pendidikan yang kurang lurus. kurang baik.
kembali lagi, knapa ketidak lulusan taun ini d tingkat smp meningkat hingga 14, sekian persen??
mungkin jawabannya adalah, faktor lingkungan yang membuat mereka terkontaminasi. dan merekapun tak lagi menganggap ketidaklulusan itu sebuah noda di diri mereka.
hmm...
buakn.. bukannya aku mengejek2 orla ato gimana, aku cuma ingin memperbaiki pendidikan d negara kita,mulai dari diri sendiri,. dengan latar belakang calon pendidik, q harus bisa meluruskan kembali anak-anak yang sudah menyimpang. anak didikq esok, harus jadi penerus bangsa yang berkualitas. hhee

semua harus berawal dari diri sendiri bukan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar